Kecilnya Telur, Besarnya Tuhan

Freedom_by_tyt2000Kita sering mendengar tentang telur, tentang bagaimana telur itu adalah hasil reproduksi ayam (maupun unggas lainnya), tentang bagaimana telur itu bisa digoreng atau direbus menjadi makanan yang lezat, tentang bagaimana telur itu dapat begitu mudah dibeli di pasar dalam jumlah yang besar yang juga termasuk harga yang sangat terjangkau. Begitu sering kita memandang telur, sehingga terkadang kita luput mengenai betapa kekompleksan sebuah telur saja dapat membuat seorang ahli biologi dan sekaligus ahli gizi geleng-geleng kepala akan apa saja yang dapat ditemukan didalam telur, mari kita simak bersama apa saja yang dapat ditemukan dalam sebuah telur yang mungil ini, sekaligus benda mungil ini pun sebenarnya mengungkapkan betapa agung-Nya Ilmuwan yang mendesain dan menciptakan telur tersebut.

Sel inti telur nyaris tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, padahal sel inti inilah yang merupakan inti kehidupan dari sebuah telur. Sementara kuning telur dan putih telur yang biasa kita lihat itu merupakan makanan untuk sel inti telur yang telah dibuahi dan akan berkembang menjadi embryo dengan memakan kuning telur dan juga putih telur, lalu setelah melewati proses yang panjang, maka keluarlah seekor anak ayam yang lucu. Anak ayam ini mendapatkan kekuatan untuk memecahkan sendiri cangkang telur tersebut melalui makanan yang didapatnya dari putih dan kuning telur yang sudah disiapkan didalam telur tersebut terlebih dahulu.

Sebenarnya kandungan dari putih dan kuning telur yang dapat memberikan cukup gizi bagi sang embryo sampai menjadi seekor anak unggas yang lucu itu juga memberikan gizi dan berbagai vitamin yang sangat diperlukan juga oleh manusia, sehingga tidak heran sekarang sedang digalakkan untuk terus mengkonsumsi telur. Telur mengandung protein yang tinggi, dan protein yang dimiliki oleh telur pun juga mengandung semua asam amino esensial (yaitu semua unsur protein yang diperlukan oleh tubuh) secara lengkap dan seimbang. Selain menjadi sumber protein yang luar biasa, telur juga menjadi sumber vitamin. Mulai dari vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata, kulit dan kesehatan tubuh terhadap penyakit, vitamin B2 untuk memelihara kesehatan kulit, vitamin B6 untuk memanfaatkan protein secara efisien, asam folat yang banyak manfaatnya (mencegah kurang darah atau anemia, mencegah serangan jantung, membantu mencegah kanker, dan kalau ibu hamil mengkonsumsi cukup asam folat, bayinya akan terhindar dari suatu jenis kecacatan yang fatal). Tidak kalah pentingnya, vitamin B12 hanya ada dalam bahan makanan hewani, sehingga para vegetarian dapat memperoleh vitamin yang satu ini asalkan mereka masih makan telur. Selain itu telur juga mengandung vitamin D untuk kesehatan tulang dan vitamin E yang tidak hanya bagus untuk kesuburan, tetapi juga mencegah terjadinya kanker. Uniknya telur merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D.

Selain berbagai vitamin yang terkandung didalam telur tersebut, telur juga memiliki fosfor, kalium, dan zat besi. Bahkan  lemak yang terdapat didalam telur pun tidak terlalu berpengaruh dalam kadar kolestrol didalam tubuh manusia. Malah lemak telur menyediakan zat-zat berguna lainnya seperti “omega-6” dan sudah mulai diperkaya dengan omega-3 yang sangat membantu pertumbuhan otak dan membantu mencegah penyakit jantung  dan lain sebagainya.

Masih banyak hal mengagumkan dari telur kecil ini yang dapat kita bahas lebih mendalam, contohnya adalah pertahanan keamanan telur. Sel inti telur merupakan sel yang sangat lemah, dan sangat rawan terhadap berbagai kuman-kuman yang cenderung memburu vitamin dan protein yang terdapat didalam telur. Telur memiliki cangkang yang berlapis lilin untuk mencegah kuman dan kotoran untuk masuk, telur memiliki juga protein “ovotransferin” protein yang unik ini menghalangi kuman untuk menggunakan zat besi yang juga biasanya digunakan oleh kuman untuk bertumbuh dan berkembang biak. Dan berbagai pertahanan lainnya yang mampu mempertahankan anak ayam yang lemah ini untuk tetap hidup.

Sungguh mengagumkan kita melihat kekompleksan benda kecil yang sering kita jumpai di pasar dengan harga yang sangat terjangkau tersebut. Pernahkan kita berpikir berapa kemungkinan sebuah telur yang begitu kompleks tersebut terjadi secara kebetulan atau secara acak? Sesungguhnya dari sebuah telur saja kita sudah dapat melihat intelegensia Sang Ilmuwan Agung yang dalam mendesain sebuah telur kecil saja dibuat sedemikian rupa, apalagi kita umat manusia yang dipercayakan untuk mengelola ciptaan-Nya. Hendaknya kita selalu bersyukur atas kasih karunia-Nya kepada kita, segala kemuliaan hanya bagi Tuhan. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s