Resensi Buku: All Truth is God’s Truth – Arthur F. Holmes

Apakah kebenaran itu? Apakah ada sebuah standar bagi kebenaran? Apakah dibenarkan untuk mengakui iman kita dengan seluruh subyektifitas yang ada pada kita? Benarkah penalaran itu sendiri dapat dibenarkan secara nalar? Dimana sajakah kebenaran dapat ditemukan?

Buku ini membahas aspek-aspek yang penting mengenai pergumulan panjang manusia didalam mengetahui apa yang dapat mereka ketahui di dunia ini. Adanya aliran rasionalis yang menyatakan bahwa apa yang tidak bisa dideduksi secara logis tidak boleh dinyatakan benar secara obyektif, adanya aliran empirisis yang menyatakan bahwa hanya pengalamanlah yang bisa kita yakini sebagai kebenaran, dimanakah titik temu dari kedua filsafat ini? Mengapakah Yohanes memutuskan untuk menggunakan kata “… in the beginning was Logos (Firman/Logika)”? Sebenarnya seperti apakah peran Kristus didalam pencarian kebenaran itu? Setelah memahami semuanya itu, lalu apakah implikasinya terhadap seluruh kehidupan kekristenan kita? Seni, budaya, sains, keluarga dan lain sebagainya? Sesuai dengan judulnya: ‘Sebuah pemahaman komprehensif’ buku ini memang layak untuk disebut demikian.

Buku ini tidak menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang yang awam terhadap istilah-istilah filsafat, apalagi isinya yang sangat membutuhkan pemikiran yang abstrak sekali. Melihat ini penerbit memberikan sebuah glosari istilah yang digunakan pada akhir dari buku ini. Glosari ini, bagi saya, sangat berguna sekali dalam pembacaan buku ini. Meskipun termasuk buku yang sulit, apabila kita bersedia merenungkan dengan hati-hati kalimat demi kalimat yang disampaikan, maka kita akan mendapatkan pemahaman yang kaya sekali! Dan pemahaman ini dapat memberikan sebuah perspektif baru dalam kita memandang kehidupan dan dalam kita menghadapi berbagai pemikiran yang bertentangan dengan iman Kristiani. Ini bukan buku yang menjelaskan mengenai “How?”, tetapi lebih menjelaskan kepada “Why?”.

Buku ini dapat dengan mudah didapatkan di perpustakaan U.K. Petra, atau dibeli di toko buku Momentum Andhika Plaza C/6-7, Jl. Simpang Dukuh 38-40 Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s