Resensi Buku: Supremasi Allah dalam Khotbah – John Piper

Khotbah yang tidak memiliki aroma kebesaran Allah mungkin terasa menghibur untuk sesaat, tetapi tidak akan menyentuh jeritan tersembunyi dari jiwa: “Perlihatkanlah kemuliaan-Mu!”

Demikianlah kata John Piper, seorang pengkhotbah besar pada zaman ini. Di bukunya yang kecil ini ia mencoba untuk mengkupas secara biblikal mengenai pelayanan mimbar, dimana khotbah harus menunjukkan supremasi Allah didalamnya, sebab apabila tidak ada supremasi Allah didalam khotbah, maka supremasi tersebut mau tidak mau akan digantikan oleh supremasi pengkhotbah itu sendiri, kalau bukan iblis! Di buku ini John Piper menunjukkan empat jawaban mengapa Allah harus menjadi yang terutama didalam khotbah, melalui: (1) Tujuan Khotbah: Kemuliaan Allah, (2) Dasar Khotbah: Salib Kristus, (3) Karunia Khotbah: Kuasa Roh Kudus, (4) Kesukacitaan dan Keseriusan Didalam Khotbah. Setelah memaparkan empat jawaban tersebut ia mengupas kehidupan Jonathan Edwards sebagai sebuah contoh kehidupan seorang pengkhotbah yang diurapi dan dipakai demikian besar untuk membawa berbagai kebangunan rohani pada zamannya.

Apakah sebenarnya yang membuat pengkhotbah ini demikian dipakai Tuhan? Rhetorikanya? Intonasi suaranya? John Piper dengan bahasa yang tidak terlalu teknis, namun tanpa mengurangi kedalaman maksudnya, menguraikan dengan indah bahwa yang dibutuhkan oleh Allah bukanlah kemampuan kita namun memang adalah hati yang remuk. Justru dari hati yang remuklah muncul khotbah dengan intensitas yang demikian dashyat! Piper juga memberikan beberapa komentar mengenai khotbah-khotbah yang sedang berlangsung di zaman ini, dimana begitu banyak khotbah yang tidak memiliki kedalaman penggalian alkitabiah, banyaknya opini pribadi yang cenderung memberhalakan pengkhotbahnya dibanding menunjukkan kemuliaan Allah dari Alkitab, banyaknya khotbah yang hanya menghibur tanpa berani menegur jemaat Tuhan untuk bertobat, dan lain sebagainya yang sungguh membuat sedih hati Tuhan. Seruan di buku ini, seperti kata Dr. Bryan Chapell “… Seruan ini tidak mungkin bisa diabaikan oleh seorang pegkhotbah yang setia.”

Buku ini tidak hanya penting dan menarik untuk mereka yang dipanggil sebagai pelayan firman saja, namun juga mereka yang terkadang memiliki kesempatan untuk membagikan kebenaran firman pada persekutuan ataupun KTB. Tetapi mungkin buku yang indah ini akan sangat bermanfaat bagi pendeta atau pengkhotbah yang anda kenal, lagipula buku ini termasuk kecil dalam ukurannya, dan tidak terlalu mahal dalam harganya. Berikanlah untuk membagikan pesan dari John Piper sehingga apa yang didoakan oleh John Piper yakni – “Saya bermimpi bahwa dalam waktu dua puluh tahun lagi, seorang pengkhotbah berusia empat puluh dua tahun akan berdiri di mimbarnya dengan sebuah pelayanan yang ratusan kali lebih berbuah daripada pelayanan saya dan berkata “John Piper tidak pernah mengetahui hal ini, tetapi ketika saya dulu pernah mendengarkan khotbahnya, kemuliaan Allah dan salib Kristus dan kuasa Roh tidak dapat saya tolak, dan Allah memanggil saya untuk pelayanan Firman.” – boleh terjadi pada zaman kita, negeri kita. Amin.

Buku ini dapat dengan mudah didapatkan di perpustakaan U.K. Petra, atau dibeli di toko buku Momentum Andhika Plaza C/6-7, Jl. Simpang Dukuh 38-40 Surabaya.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s