Menjadi Penulis – Marion van Horne

“Dalam kata-kata yang tercetak kita menemukan begitu banyak rekaman warisan kehidupan yang tak terhapuskan tentang kecerdasan dan kearifan, tentang kenyataan dan fantasi, dan kemegahan serta harapan umat manusia. Manusia berusaha mengabadikan hal-hal terbaik yang pernah dicapai, didapat, atau dipikirkannya dalam bentuk lembar-lembar cetakan.”

Demikian adalah kutipan sebuah paragraf dalam buku “Menjadi Penulis” karya Marion van Horne yang berusaha menyatakan kepentingan serta kegentingan mengenai peran seorang penulis Kristen.

Buku yang yang tidak terlalu tebal (97 halaman) ini berusaha untuk menjelaskan mengenai banyak aspek dalam hal menulis, termasuk di dalamnya adalah motivasi dari penulis agar orang lain, terutama orang Kristen dapat menjadi seorang penulis juga. Hal yang menarik dari buku ini adalah penekanannya mengenai keunggulan tulisan dibandingkan dengan media-media lainnya. Bahwa sebuah tulisan dapat berbicara dengan lebih personal dibandingkan dengan TV dan radio merupakan salah satu argumentasinya. Di samping itu penulis menyatakan bahwa “Seorang penulis mengalami segala sesuatunya dua kali: sekali dalam kenyataan, sekali dalam usahanya mengekspresikan kenyataan itu dalam bentuk tertulis.” ini adalah sebuah pemikiran yang menarik yang juga memberikan alasan yang lebih kuat untuk seseorang dapat menulis lebih banyak.

Buku ini membahas mengenai peran penulis Kristen, sifat sebuah tulisan yang perlu untuk mudah dimengerti, penulisan berita, menulis sebuah artikel majalah, menulis sebuah cerita pendek, menulis untuk anak-anak dan pemuda, menulis untuk orang dewasa yang baru bisa membaca, editor dan penulis, merencanakan sebuah lokakarya para penulis, serta beberapa contoh hasil lokakarya garapan penulis juga dilampirkan.

Tidak perlu dikatakan lagi relevansi dari buku ini untuk sebuah club penulis dan diskusi yang baru saja berdiri seperti Tabletalk yang diusung di Universitas Kristen Petra baru-baru ini, namun tentu tidak menutup kemungkinan apabila kita ingin membaca buku ini sebagai sebuah start awal dari karir menjadi seorang penulis Kristen! Akhir kata dari saya adalah, mlikilah segera buku ini, dan sesuai dengan judul bukunya “menjadi penulis” maka jadilah engkau penulis.

Buku ini diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia. Saya menemukan buku ini di toko buku Momentum di Andhika Plaza C/6-7, Jl. Simpang Dukuh 38-40 Surabaya. Selain itu, cobalah mencarinya di toko buku BPK Gunung Mulia sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s