Resensi Buku: Life’s Ultimate Questions – Ronald H. Nash

Life's Ultimate Questions
Life's Ultimate Questions

Ada banyak sekali buku yang memberikan introduksi mengenai filsafat, namun beberapa di antara mereka bukannya membawa terang, namun malah kegelapan bagi pemikiran. Sebagian mungkin bukan salah penulis buku tersebut, karena membaca buku filsafat tentunya mengharuskan seseorang untuk berpikir lebih keras dibandingkan dengan kehidupan berpikirnya sehari-hari. Apabila seseorang ingin mengerti filsafat tanpa berpikir lebih keras daripada biasanya, jelas buku ini bukan salah satu obatnya.

Lantas apakah kelebihan buku ini dibandingkan buku-buku pengantar lainnya? Ronald Nash sendiri mengatakan bahwa tujuan mula-mula ia menulis buku ini adalah sebagai sebuah buku pengantar bagi kelas filsafat yang diajarnya. Selama puluhan tahun ia mengajarkan filsafat beliau tidak menemukan buku teks yang sesuai untuk mahasiswa-mahasiswanya. Buku inilah jawaban pergumulan beliau! Sebuah buku pengantar yang membahas sejarah pemikiran, filsafat, dan isu-isu di dalamnya berkaitan dengan kekristenan, fokus pada worldview, dengan bahasa yang sederhana namun tidak terlalu ringan juga.

Buku ini menggunakan gambar dan diagram untuk menjelaskan banyak konsep filosofis yang dibahas di dalamnya. Hal ini tentunya membantu bagi banyak orang yang kesulitan berpikir secara abstrak dalam waktu yang lama (seperti saya). Penjelasan berupa diagram dan gambar, secara pribadi menolong saya untuk memperjelas konsep-konsep yang selama ini masih kabur di kepala saya.

Penjelasan dari buku ini sangat sistematis dan jelas topiknya. Maklum, karena buku ini memang ditujukan untuk menjadi sebuah diktat perkuliahan beliau. Buku ini membahas Naturalisme, Plato, Aristoteles, Plotinus, Agustinus, Aquinas, dikategorkan dengan worldview seperti: Allah, Metafisik, Epistemologi, Etika, Anthropologi. Setelah pembahasan sejarah pemikiran, buku dilanjutkan dengan pembahasan topik-topik tersebut satu demi satu, perdebatan yang ada, dan kaitannya dengan kekristenan. Di akhir buku ini, seperti layaknya kuliah, diberikan tugas untuk menuliskan paper yang memperjelas pemahaman setiap bab, pembandingan terhadap beberapa konsep lain, dan rekomendasi buku untuk penelitian lebih lanjut. Memang buku ini seperti kuliah yang dibukukan!

Sangat direkomendasikan bagi seseorang yang ingin memulai pelajaran mengenai filsafatnya, secara khusus kaitannya dengan kekristenan, dengan cara yang lebih mudah, namun menarik. Tetapi buku ini juga diperuntukkan bagi mereka yang bertugas menjadi pengajar filsafat, atau bahkan pengajar awam sekalipun. Bentuknya yang seperti diktat, dipenuhi gambar dan diagram, sangat cocok dipakai sebagai sebuah teks pengantar bagi mereka yang mengajar filsafat atau worldview. Buku ini layak untuk dibeli dan dikoleksi sebagai sebuah pedoman yang tidak terlalu kecil, maupun terlalu besar mengenai dunia filsafat.

Ronald H. Nash

Ronald H. Nash, (Ph,D., Syracuse University) is professor of philosophy and theology at Reformed Theological Seminary in Orlando, Florida. He taught for many years at Western Kentucky University, and is the author or editor of nearly thirty books, including, The Concept of God, Faith and Reason (diterjemahkan oleh Momentum Iman dan Akal Budi), Is Jesus the Only Savior?, dan Worldviews in Conflict (diterjemahkan oleh Momentum Konflik Wawasan Dunia).

Vincent Tanzil, 3 Desember 2010

See more http://www.vincenttanzil.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s