John Stott Mengenai Buku

John Stott

Di buku terakhir dan yang merupakan karya perpisahannya The Radical Disciple, John Stott salah seorang pemimpin Injili terkemuka menuliskan demikian mengenai buku dan membaca:

Di masa yang akan datang nanti, tentu saja tidak ada satupun dari kita yang mengetahui akan seperti apa percetakan dan penerbitan buku di masa depan. Tapi secara pribadi saya yakin bahwa di masa depan, buku tetap terjamin keberadaannya, meskipun ia akan semakin diperlengkapi, buku-buku tersebut tidak akan pernah sepenuhnya tergantikan. Sebab buku memiliki keunikan tersendiri. Buku-buku kesukaan kita akan menjadi semakin berharga bagi kita dan bahkan akan membangun relasi yang semakin hidup dan semakin mencintai buku-buku tersebut. Mungkinkah hal ini adalah suatu yang terlalu berangan-angan bahwa ketika kita memegang, mengelus, bahkan mencium aroma buku-buku tersebut kita menganggap hal itu sebagai tanda rasa kecintaan dan penghargaan kita atas buku itu? Saya tidak sekedar menujukan hal ini kepada perasaan seorang penulis terhadap apa yang telah ia tulis, tapi kepada semua pembaca dan perpustakaan pribadi mereka. Saya telah membuat hal ini menjadi sebuah peraturan untuk tidak mengutip dari buku apa pun juga kecuali jika saya telah menguasai dan memahami buku tersebut. Jadi izinkan saya mendorong anda untuk tetap membaca dan menyemangati sanak saudara dan rekan-rekan Anda untuk melakukan hal yang sama. Sebab ini adalah anugerah yang paling sering diabaikan. (p. 121-122)

Saya merenungkan bahwa beliau bukan saja seorang pemimpin yang kharismatis, namun juga seorang pembelajar yang ulung. Beliau telah menuliskan banyak sekali buku, dan tidak perlu diragukan bahwa penulisan dan kepemimpinannya merupakan hasil dari pembelajaran yang intensif. Semoga teladan yang kita dapatkan dari beliau tidak lalu begitu saja dari kehidupan kita, terutama kita yang dipanggil untuk menjadi hamba-Nya.

14 Desember 2010, Vincent Tanzil

Iklan

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s