Mengenai Belajar

dreamstime_630080_CC_main

Dulu saya belajar banyak hal melalui banyak pembinaan dan buku, namun seperti yang banyak orang bilang: banyak belajar banyak lupa. Menarik sekali menemukan bahwa apa yang sudah pernah saya pelajari dahulu ternyata sekarang terdengar baru lagi di telinga saya! Tetapi untuk beberapa hal yang saya tertarik dan mempelajarinya sungguh-sungguh, saya masih ingat dengan detil.

Jadi apa kuncinya sebenarnya? Kuncinya adalah terus banyak belajar. Tidak cukup mempelajari sebuah topik sekali saja—minimal bacalah tiga buku mengenai topik tersebut secara berturut-turut. Hal ini akan mempermudah kepala kita untuk mengingat apa yang baru saja kita baca. Mengapa? Sebab kita telah melakukan pengulangan secara tidak sadar, melalui berbagai sudut pandang yang mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Ibaratnya di kepala kita akan terbentuk bangunan yang semakin besar dan komplit. Sehingga apabila kita sedang searching di kepala kita, lebih mudah untuk menemukannya karena ukuran yang menonjol ketimbang ingatan lainnya yang remeh seperti jumlah kancing kemeja kita.  Saran yang menarik? Lakukanlah! Kalau anda sudah sudah melakukannya, lanjutkanlah!

21 March 2011, Vincent Tanzil

Prothumia Library

 

2 Comments

  1. good note🙂 menyemangati aku untuk smkn byk belajar, apalagi stelah belajar etika kristen.. menyadari betapa sedikitnya apa yg aku tau.. wkwkwkw.. tq, Vin..

Leave a Reply

