Vincent Tanzil

At SAAT Youth Camp 2012
At SAAT Youth Camp 2012

Vincent Tanzil adalah lulusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Kristen Petra (S.Sn.) dan menyelesaikan perkuliahannya di Seminari Alkitab Asia Tenggara (M.Div.).  Semenjak perjumpaannya dengan Kristus pada akhir semester kedua di Universitas Kristen Petra, ia semakin yakin bahwa kebenaran yang didapatkannya ini bukanlah sebuah kebenaran yang bisa diletakkan di lemari hias di dalam rumah untuk dipandangi bila perlu, namun sebuah kebenaran yang menuntut tanggung jawab yang lebih besar, yaitu tidak lain, adalah memberitakannya kepada mereka yang belum pernah mendengar kebenaran yang mulia ini.

Alasan Terbitnya Blog Ini

Saya percaya bahwa kebenaran yang mulia ini tidak hanya harus meresap ke dalam hati kita yang terdalam, namun juga ke dalam pikiran yang terdalam. Sehingga kebenaran ini tidak hanya menguasai satu aspek dari hidup seseorang, namun menguasai kehidupan seseorang sepenuhnya hingga pada akhirnya mempengaruhi seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu Tuhan telah begitu murah hati untuk mengenalkan kepada saya kekayaan dari kebenaran firman-Nya yang sangat dalam dan tidak akan pernah habis digali. Semakin hari menggali kebenaran-Nya, semakin hari pula semakin merasa kecil dalam kebesaran-Nya. Seperti Lusy, tokoh di dalam kisah The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis, ketika bertemu dengan Aslan yang merupakan perlambangan Tuhan Yesus, bertanya dengan polosnya: “Aslan, engkau nampak lebih besar dari sebelumnya kita bertemu.” lalu Aslan menjawab dengan lemah lembut “Bukan aku yang bertambah besar, namun seiring engkau bertambah dewasa, engkau akan melihat aku semakin besar.”

Di tengah kebesaran Tuhan yang sedemikian memukau, timbullah pemikiran bahwa kebesaran Tuhan ini seharusnya mampu memukau mereka yang belum pernah mendengarnya pula! Tidakkah indah apabila kita dapat membagikan apa yang telah kita dapatkan? Apalagi saat mengetahui bahwa apa yang kita bagikan mungkin bisa menjadi jawaban di saat yang paling tidak terduga. Ketika membaca tulisan-tulisan orang lain dari mancanegara yang sampai ke tangan saya melintasi jarak yang sedemikian jauh dan rentang waktu yang begitu luas, saya merenungkan apakah mereka yang menuliskannya dulu pernah terpikir bahwa seorang mahasiswa di Indonesia akan membaca tulisan mereka, menitikkan air mata, maupun menjadi orang yang lebih radikal di dalam melayani Tuhan yang mulia? Saya telah banyak mengalaminya melalui tulisan banyak orang, mengapa tidak berharap yang sama kepada Tuhan untuk menggunakan tulisan saya juga?

Selain menjadi media penyebaran pengetahuan, saya juga terus berharap untuk belajar lebih lagi melalui apa yang saya tuliskan, sebuah kegiatan yang saya sebut “membaca ulang pikiran saya.” Menulis untuk memuaskan diri adalah satu hal, menulis untuk mewarnai dunia juga adalah hal lainnya, mengapa tidak dilakukan keduanya?

Pembelajaran terus menerus menuntut perubahan dan perkembangan.  Apabila tidak demikian, maka ia tidak pernah belajar, namun hanya nampak belajar.  Demikian pula dengan saya.  Seiring berjalannya pembelajaran, ditambah pula tempaan dari kehidupan, serta dengan pengalaman menapaki dunia, saya tidak dapat mengatakan bahwa saya sama persis dengan diri saya yang memulai blog ini.  Karena itu pembaca yang jeli mungkin menemukan adanya perkembangan dalam nada maupun bentuk tulisan saya seiring dengan berjalannya waktu.  Hal ini, sekali lagi, sangatlah wajar.  Saya berharap dapat terus berkembang sekaligus menjadi berkat bagi para pembaca sekalian.  Tentunya privilese tersebut tidak bisa saya gapai tanpa kerja sama (komentar, rating, dan masukan) dari pembaca.  Mohon.

Soli Deo Gloria

Vincent Tanzil, 5 January 2010, updated 12 August 2010, updated 16 December 2013, updated 17 January 2015.

5 Comments

  1. Kiranya semangat belajar yang tertuang lewat tulisan-tulisanmu dapat memotivasi banyak pembaca untuk terus mau belajar juga….Selamat berkarya Tanziil ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s